BPS tidak Memasukkan Karo dalam Sub Batak

Sebenarnya sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa Suku Karo bukan bagian dari Batak. Meski sejauh ini orang Batak tetap menganggap bahwa orang Karo adalah bagian dari mereka, yaitu adalah Batak Karo.

Kali ini saya mau menunjukkan bukti lain yang membuka mata kita agar tidak lagi menggap Karo adalah Batak.

Adapun bukti itu bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat tentang Perbandingan etnis di Kota Medan.

Sebenarnya bukan cuma dari data BPS yang membedakan antara Batak dengan Suku Karo. Namun catatan-catatan lain tentang perbandingan etnis di Kota Medan semenjak tahun 1930 juga sudah membedakan antara Batak dengan Suku Karo.

Berikut adalah gambaran tentang Perbandingan etnis di Kota Medan pada tahun 1930, 1980, dan 2000, dimana antara Batak dan Suku Karo dibedakan dalam hal ini:

Refrensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Medan

About these ads

About karobukanbatak

Suku Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kota Medan, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Kabupaten Karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Karo. Suku Karo mempunyai sebutan sendiri untuk orang Batak yaitu Kalak Teba umumnya untuk Batak Tapanuli. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.
This entry was posted in Opini and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to BPS tidak Memasukkan Karo dalam Sub Batak

  1. Omar Bakri says:

    1. Pengelompokan data yang semakin mendetail sangat diperlukan dalam mengidentifikasi permasalahan, kami sarankan lagi kalau bisa lebih mendetail lagi. Data diatas harus diperjelas lagi bagi Etnik Simalungun, Dairi (Pakpak), Angkola. Dan yang jelas Identifikasi Suku di dalam KTP sudah lama ditiadakan di Indonesia. Dan besar keyakinan saya bahwa identifikasi Agama juga akan tidak dimasukkan lagi dalam KTP untuk peningkatan dan penghormatan terhadap HAM seseorang di Negara tercinta ini.

    2. Orang karo mempunyai sebutan khusus (Kalak Teba) untuk Orang Batak Tapanuli, sebenarnya Batak Tapanuli dimana keberadaannya?. Yang ada adalah Batak Toba, Batak Mandailing, Batak Angkola, Batak Dairi (Pakpak), Batak Simalungun, Batak Karo. Dalam kamus Bahasa Batak arti Kalak (Halak) = Orang (sendiri atau komunitas) dan Teba (Deba) = Orang lain (yang bukan diri kita sendiri). jadi pengertiannya adalah bukan diri kita sendiri, bukan dari kalangan kita sendiri atau bukan dari kampung kita sendiri, bukan semarga kita atau bukan pihak kita. Demikian juga dikampung saya di Toba menyebut orang lain (spt. Karo, Simalungun, Melayu, dll ) disebut adalah Halak Deba. Jadi Kalak Teba tidak menunjukkan Suku dari komunitas tertentu.

    3. Dominasi warna pada suku Batak pada umumnya adalah: Merah, Hitam, Putih dan Kuning. Dapat dilihat pada warna Rumah adat dan pakaian adatnya.

    4. Sebenarnya saat ini kita sedih melihat ketertinggalan Kota Medan bila dibandingkan dengan Kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Makkasar, Bandung, Padang, Bali, Balik Papan dll. Kota Medan termasuk Kota yang semraut, Kota yang Bau (Parit dan drainase kota) yang tergenang (MUDP gagal total), Pasar tradisionil yang kotor, becek, tidak ada Penataan becak, pengolahan sampah tidak baik, Tidak Hijau, Disembarangan tempat terdapat makanan tidak halal, Kota rentan banjir, Terminal semraut, Copet, Rampok, Universitasnya tertinggal, kota tidak nyaman, Sumut (semua urusan musti uang tunai). Jadi di Kota Medan belum sesuai disebut Kata “Horas” atau sebutan “Mejuah-juah Kita Kirena” maupun sebutan :”Jahobu”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s