Gendang Tradisional Karo dan Gendang Tradisional Batak Berbeda

Berbicara tentang musik Tradisional Karo, maka hal itu tidak akan bisa terlepas dari Gendang Lima Sedalanen. Gendang Lima Sendalanen atau gendang Tradisiona Karo ini terdiri dari 5 alat musik tradisional Karo yang diantaranya adalah:

1. Sarune,
2. Gendang Singindungi,
3. Gendang Singanaki,
4. Penganak, dan
5. Gung

Musik Tradisional Karo atau Gendang Karo ini dimainkan oleh 5 atau 4 orang. Bila dimainkan oleh 5 orang, maka masing-masing untuk alat musik akan dimainkan oleh satu orang, sementara bila dimainkan oleh 4 orang, maka antara alat musik Gung dan Penganak dimainkan oleh satu orang secara bersamaan.

Berikut adalah rekaman sebuah video yang bersumber dari situs youtube, dimana dalam cuplikan video ini anda bisa menyaksikan Gendang Lima Sendalanen sedang dimainkan oleh “Sierjabaten”, yaitu sebutan Orang Karo kepada pemain musik tradisional-nya.


Gendang Tradisional Karo

Dari cuplikan video diatas, maka saatnya anda mencoba membandingkan hasil suarannya dengan Gondang Batak (alat musik tradisional Batak) dalam rekaman video dibawah berikut ini, tentu perbedaan suara dari Gendang Karo akan berbeda dengan Suara Gendang Batak, sebab alat musiknya juga sungguh sangat jauh berbeda.


Gendang Tradisional Batak

About karobukanbatak

Suku Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kota Medan, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Kabupaten Karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Karo. Suku Karo mempunyai sebutan sendiri untuk orang Batak yaitu Kalak Teba umumnya untuk Batak Tapanuli. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.
This entry was posted in Adat and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Gendang Tradisional Karo dan Gendang Tradisional Batak Berbeda

  1. Pingback: Tari Karo dan Tari Batak Berbeda | Karo Bukan Batak

  2. sabrina feisal says:

    nice

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s