Renungan Lanjutan Tentang Karo Bukan Batak

Pada tulisan sebelumnya sudah dituliskan tentang Renungan Tentang Karo Bukan Batak. Tulisan itu sepertinya menjadi kenyataan ditengah-tengah masyarakat Karo, salah satunya terungkap melalui situs jejaring sosial tepatnya di grop facebook “SAPO HOLLAND NL“. Melaui grop di facebook tersebut seorang anggota mengungkapkan rasa sedihnya, ketika dia sedang nonton tayangan tentang Karo di TV2. Namun pada tayangan tentang Karo itu musik pengiringnya  dibuat adalah musik Toba (Batak).

Berikut adalah screenshot curhatan seorang anggota group SAPO HOLLAND NL di facebook dan juga tanggapan-tanggapan anggota lainnya terhadap curhatan tersebut dan tentunya disini nama-nama mereka terlebih dahulu sudah disamarkan oleh penulis Blog Karo Bukan Batak untuk alasan privacy.

Curhatan Tentang Karo Bukan Batak

Dengan kejadian-kejadian seperti ini apakah kita masih tetap berdiam diri di klaim sebagai bagian dari Batak?

About karobukanbatak

Suku Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kota Medan, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Kabupaten Karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Karo. Suku Karo mempunyai sebutan sendiri untuk orang Batak yaitu Kalak Teba umumnya untuk Batak Tapanuli. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.
This entry was posted in Opini and tagged , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Renungan Lanjutan Tentang Karo Bukan Batak

  1. roy van halen says:

    sy orang batak toba.. teman2 janganlah terlalu menyalahkan orang toba kalo orang2 karo merasa tidak dikenal atau tersisihkan.. oleh karena itu marilah generasi muda karo bangkit dan brani tampil berikan ide2 briliant utk memperkenalkan karo, jangan malu,jangan pesimis,jangan takut berbicara,jangan tertutup.. kami orang2 toba bahkan menunggu kreasi2 generasi karo yang bisa ditampilkan..

    • vibora says:

      Berkreasi itu sangat bagus tetapi jangan pernah mengklaim kepunyaan orang lain (merangap) jalankan budaya suku masing_masing.Karo ya karo.teba ya teba. ula siat takal siat gurong cara teba.ula perajang adi la sekerajangenta cara karo.rombongen cara teba-tonggali cara karo.

  2. bukhori ginting says:

    SEBENARNYA KARO TIDAK PERNAH MERASA TERSISIHKAN DENGAN KEBERADAAN DAN KEMAJUAN TOBA, BAHKAN KARO MERASA SALUT DENGAN KEBERHASILAN DAN KERJA KERAS ORANG TOBA YANG NOTABENE ADALAH SAUDARA SEDAERAH KARO. NAMUN BUKAN BERARTI KEBERHASILAN DAN KEMAJUAN ORANG TOBA ITU HARUS KAMI KLAIM SEBAGAI BAGIAN DARI KEBERHASILAN KARO. KARENA PADA DASARNYA KAMI (KARO) LEBIH MENYUKAI KEBERHASILAN DAN KESUKSESAN KARO ITU DI ATAS KERJA KERAS KARO ITU SENDIRI, SELAMAT BERKARYA BUAT KARO DAN TOBA.

  3. Asa ndigan pe labo seri Karo ras Toba.Advis man kam panitia Karo bukan batak,tanda-tandaindulah kerina singeranai e ,ula kari 2 wari denga i ban mergana merga kalak karo enggoka ia ngeranai tentang kalak karo.Ula kari terdaya kita kerina.Bujur……..Vibora Bangun Batukarang nari ( Pancur Siwah )

  4. benyamin sembiring says:

    Mejuah juah,

    Dear admin Karo bukan Batak,
    Dimaa Pak Juara Ginting, kok tidak pernah nongol, mungkin ada data data baru yang diperoleh. Mohon kam (Pak Juara) sebagai Anthropolog, untuk memberikan jawaban jawaban yang lebih ilmiah, mendidik supaya menjadi pencerahan bagi kita semua.
    Api sudah kam sulut, jangan sampai padam. Jangan biarkan menjadi liar, api yang liar sangat membahayakan bisa membakar semua yang ada.
    Bisa minta tulisan atau paper Pak Juara Ginting tentang Karo bukan Batak.

    Kalo mau buat seminar atau diskusi tentang Karo bukan Batak, siapa nara sumber yang bisa atau menguasai persoalan ini.

    Bujur
    Benyamin Sembiring

  5. Satria Gintings says:

    Mari si perjuangken Hak ras Kewajibenta sebagai kalak Karo.

  6. Karo-karo says:

    Ayo kawan jgn tidur, mari serukan kembali kepada dunia bahwa KARO BUKAN BATAK

  7. Robin G Munthe says:

    @Benyamin Sembiring : Jika anda rajin melihat-lihat posting di grup, blog dan media sosial Karo lainnya disana pasti ditemukan berbagai argumen ttg KBB, ada yang pendek ada juga yang panjang, ada yang struktur argumennya jelas, ada yang kurang jelas. Jangan membayangkan gerakan KBB spt pertemuan formal spt seminar, simposium dan diskusi lainnya. Ini merupakan gerakan Karo global menghimpun berbagai pendapat ttg KBB. Selain itu aktivis KBB bukan hanya Juara Ginting, tapi ribuan orang Karo lainnya secara global dari berbagai bidang keilmuan dan profesi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s