Karo Renesans

Renesans Karo, gerakan pembebasan terutama secara politik dan kultural atau secara daerah/etnis bisa dikatakan memuncak secara drastis pada permulaan era reformasi. Dibagian dunia lainnya memuncak pada era kejatuhan kekuasaan sosialis/komunis di Eropah Timur.

Gerakan di Karo terutama dipelopori oleh pemuda/mahasiswa yang dengan orgnisasinya menyandang nama Karo atau etnis Karo, serta aksi-aksi mereka mengembangkan dan mempertahankan ‘pusaka’ Karo seperti aksi disekitar monument Patimpus, gerakan seni budaya dalam lagu, teater, film dll, yang sangat drastis meluas keseluruh tanah air maupun ke luar negeri. Dan ini selalu dilaksanakan secara kolektif (kerja sama sesama Karo) atau dengan siapapun yang lain diluar Karo sehingga juga menunjukkan keakraban sejati etnis Karo.

Tekanan ‘sukuisme’ pada era lalu, pada zaman orla dan terutama pada era orba, sangat mengancam bagi existensi dan perkembangan Karo sebagai satu kultur entity tersendiri. Dalam persaingan etnis yang sangat sengit, tetapi ditutupi dan ditakut-takuti dengan istilah ‘sukuisme’ atau ‘SARA’, tetapi dipihak lain perkembangan sukuisme sangat pesat dengan dukungan pemerintah (Orba:  jawanisasi, islamisasi) serta etnis-etnis mayoritas dominan mengembangkan politik etnisnya dengan sangat lihai dan licik, misalnya dengan alasan ‘satu nusa satu bangsa’, ‘persatuan dan kesatuan’ dsb.

Karo salah satu etnis minoritas yang tidak licik, mengalami kerugian besar. Dairi Karo dimasukkan ke Taput, dan berduyunlah perpindahan orang-orang Batak (Toba ngaku Batak) ke Dairi Karo. Di Lau Pengkih (Mardinding) mereka menipu Masri Singarimbun dan pemerintah dengan berkedok ‘penduduk terasing’ dan mereka bukan hanya dapat tanah tapi juga dana. Lih antara lain link  Protes Masri Singarimbun . Demikian juga desakan dan tekanan atas etnis-etnis asli lainnya seperti Dayak dan Papua, etnis-etnis minoritas di Poso, Maluku dsb.

Gerakan renesans Karo dalam ethnic rivival atau cultural revival yang sejalan dengan ethnic revival dunia pada pokoknya telah menghasilkan kemajuan dalam banyak hal, dan bahkan telah menjadi salah satu faktor yang mendorong etnis-etnis lain terpaksa ‘hengkang’ dari Sumut bikin propinsi sendiri. Halangan terbesar dari pusat, karena disana masih bercokol pikiran lama soal ‘persatuan dan kesatuan’ atau ‘satu nusa satu bangsa’, dan juga dibadan kekuasaan daerah-daerah masih banyak bercokol peminat  dan pencinta ‘persatuan dan kesatuan’.

Salah satu yang berubah secara drastis ialah identitas kekaroan atau jati diri Karo. Kita sangat bangga dengan perubahan yang sangat penting ini. Pembebasan Karo dari ‘ikatan Batak’ adalah satu rentetan pembebasan yang sangat penting. Jati diri Karo tidak mungkin terikat oleh apapun yang lain selain Karo. Jati diri adalah kesejatian, artinya sejati tidak campur aduk dan tidak dikaburkan oleh apapun yang lain. Itulah namanya sejati, itulah namanya jati diri.

Dengan pendalaman dan peningkatan arti yang sangat perkasa dalam jati diri ini (jati diri Karo), kita sekarang terus berjuang dan dalam perjalanan pembebasan yang sempurna secara kultural maupun politis (kekuasaan Karo) dan juga seterusnya secara ekonomi. Karo telah lahir kembali sebagai Karo yang sejati.

Salam Renesans

MUG

Sumber: http://groups.yahoo.com/group/infokaro/message/4529

About karobukanbatak

Suku Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kota Medan, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Kabupaten Karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Karo. Suku Karo mempunyai sebutan sendiri untuk orang Batak yaitu Kalak Teba umumnya untuk Batak Tapanuli. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.
This entry was posted in Opini and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s