Gambaran Umum Jati Diri Karo

Masyarakat Karo Dinamis dan Patriotis serta taqwa kepada Tuhan YME. Masyarakat Karo kuat berpegang kepada adat istiadat yang luhur, merupakan modal yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembangunan.

Dalam kehidupan masyarakat Karo, idaman dan harapan (Sura-sura pusuh praten) yang ingin diwujudkan adalah pencapaian 3 (tiga) pokok yang disebut TUAH , SANGAP dan MEJUAH – JUAH

TUAH berarti menerima berkah dari Tuhan YME, mendapat keturunan, banyak kawan dan sahabat, cerdas, gigih, disiplin dan menjaga kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup untuk generasi yang akan datang.

SANGAP berarti mendapat rezeki , kemakmuran bagi pribadi, bagi anggota keluarga, bagi masyarakat serta bagi generasi mendatang.

MEJUAH-JUAH berarti sehat sejahtera lahir bathin, aman , damai , bersemangat serta keseimbangan dan keselarasan antara manusia dengan manusia , antara manusia dan lingkungan , dan antara manusia dengan Tuhannya.

Ketiga hal tersebut adalah merupakan satu kesatuan yang bulat yang tak dapat dipisahkan pisahkan satu sama lain.

Sumber: http://www.facebook.com/#!/groups/sapoholland/doc/283095838373682/

About karobukanbatak

Suku Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kota Medan, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Kabupaten Karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Karo. Suku Karo mempunyai sebutan sendiri untuk orang Batak yaitu Kalak Teba umumnya untuk Batak Tapanuli. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.
This entry was posted in Karo and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Gambaran Umum Jati Diri Karo

  1. david.tarigan says:

    polonia nina mbarenda pola nini , tanjung merawa gundari menjadi tanjung morawa .mbareda gunung sinabungpe adi banci robahna ka tena ,siat takal siat daging . emaka ukuri mbagas mbagas ,mejuah juah, sunggal pe bage kang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s