Nama Bandara Kuala Namu Sesuai Rekomendasi Masyarakat Karo

DPRD Sumatera Utara (Sumut) telah merekomendasikan nama Bandar Udara (Bandara) Kualanamu Internasional atau Kualanamu International Airport sebagai nama bandara baru untuk Bandara di Kualanamu, Deliserdang. Rekomendasi tersebut diputuskan dalam Sidang Paripurna Dewan yang digelar, Senin (17/12/2012) yang lalu.

Terkait dengan rekomendasi DPRD Sumut tersebut, maka nama Bandara Kuala Namu atau Kuala Namu International Airport secara resmi telah dipilih dan ditetapkan oleh Menteri Perhubungan sebagai nama bandara yang berada di Kabupaten Deli Serdang itu.

“Sudah ditetapkan sesuai usulan pemda dan DPRD-nya. Namanya Kuala Namu International Airport,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Perhubud) Kemenhub, Herry Bhakti S Gumay, kepada JPNN di Jakarta, kemarin (4/1/2013).

Penetapan nama bandara Kuala Namu oleh Menteri Perhubungan tersebut tentunya sangat sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Masyarakat Karo beberapa waktu yang lalu (baca: Penamaan yang Tepat Bandara Kuala Namu yang Baru), dimana pada bulan Juli 2012 yang lalu, melalui situs jejaring sosial masyarakat Karo telah membentuk sebuah grup di Facebook yang mendukung penetapan nama bandara baru dengan nama Kuala Namu. (Lihat Group: Warga Karo Dukung Nama Bandara Kuala Namu).

Berikut adalah dua hal yang menjadi landasan pemikiran mengapa masyarakat Karo mendukung nama bandara baru di Deliserdang menjadi Bandara Kuala Namu, dimana kedua landasan pemikiran tersebut pernah juga dikemukakan oleh para tokoh masyarakat, diantaranya adalah Malem Ukur Ginting dan Dr.H.Azhari Akmal Tarigan.

1. Kuala dalam bahasa Melayu adalah muara sungai atau pertemuan sungai dengan laut. Namo atau Namu berarti lubuk dalam bahasa Karo (namo bagi Karo gugung/gunung, namu bagi Karo jahe termasuk Karo Langkat). Dalam kenyataan setiap kuala sekaligus juga adalah namo (lubuk) karena disitu aliran sungai telah jadi tenang dan dalam sebagaimana lubuk pada umumnya. Kuala Namo atau Kuala Namu merupakan kombinasi bahasa dua suku asli Sumtim. Nama ini sesuai dari segi bahasa dua etnis asli penduduk daerah. (Malem Ukur Ginting, Swedia)

2. Siapa yang akan merobah nama “Kuala Namu International Airport”? Bukankah nama itu akan mengimbangi nama “Kuala Lumpur International Airport” yang terletak diseberang Selat Malaka itu? Disini KNIA disana KLIA. Bedanya antara “lumpur” dan “namu”. Apa arti “namu”? Dalam bahasa Karo, arti namu “tempat pertemuan” (ternyata pas sekali). Kuala namu adalah kuala tempat bertemu. (Dr.H.Azhari Akmal Tarigan)

About karobukanbatak

Suku Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kota Medan, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Kabupaten Karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Karo. Suku Karo mempunyai sebutan sendiri untuk orang Batak yaitu Kalak Teba umumnya untuk Batak Tapanuli. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.
This entry was posted in Opini and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Nama Bandara Kuala Namu Sesuai Rekomendasi Masyarakat Karo

  1. Franta Ginting says:

    Sukses dan Selamat!!!
    “KUALA NAMU INTERNATIONAL AIRPORT”
    Nama Bandara yang Mantap dan Keren!!!

  2. Mantap kali itu, sudah pas, rekomendasi siapa lagi yang harus didengar, jangan lupa tuliskan kata: MEJUAH-JUAH di pintu kedatangan Domestic dan International-nya. ” MEJUAH-JUAH, WELCOME TO KUALANAMU INTERNATIONAL AIRPORT”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s