Karo Bukan Batak pada Liputan Indonesia Bagus di NET TV

Liputan acara Indonesia Bagus di NET TV yang tayang pada, Minggu (07/09/2014) dengan judul Berastagi Sumatera Utara telah memperjelas bahwa Suku Karo adalah salah satu suku bangsa mandiri di Indonesia dan bukan merupakan bagian dari Suku Batak. Hal ini dijelaskan melalui acara Indonesia Bagus dengan pernyataan bahwa meski keberadaan Berastagi berada di Sumatera Utara, tetapi penduduk yang mendiami daerah ini bukanlah orang Batak, tetapi mereka lebih senang disebut sebagai orang Karo.

“Berastagi ini ada di dataran tinggi Karo, walau ada di Sumatera Utara kami bukan orang Batak, kami lebih suka disebut orang Karo. Beda dengan kalak Teba itu sebutan orang Karo untuk orang Batak Tapanuli umumnya.” Demikian pernyataan narator pada acara Indonesia Bagus yang tayang di NET TV tersebut.

Memang secara sepintas masih ada rasa kurang puas dari beberapa masyarakat Karo dimedia sosial terkait liputan Indonesia Bagus yang tayang di NET TV tersebut. Kekurang puasan tersebut terasa ketika musik pengiring acara yang meliput wilayah Karo di Berastagi itu tidak menggunakan musik khas Karo, tetapi masih menggunakan musik tradisional dari daerah lain.

Berikut adalah video liputan acara Indonesia Bagus di NET TV yang bersumber dari situs berbagi video Youtube. Adapun pernyataan penegasan bahwa Karo bukan Batak dapat disaksikan pada video ini mulai menit ke 8:10

About karobukanbatak

Suku Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kota Medan, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Kabupaten Karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Karo. Suku Karo mempunyai sebutan sendiri untuk orang Batak yaitu Kalak Teba umumnya untuk Batak Tapanuli. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.
This entry was posted in Berita and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Karo Bukan Batak pada Liputan Indonesia Bagus di NET TV

  1. Glori Sembiring says:

    Kerennn

  2. Bukan hanya itu. Masih di stasiun yang sama(NET TV), dalam acara NightShow, Atiqa Hasiholan yang memerankan Likas Beru Tarigan dalam film ‘Tiga Nafas ikas’ juga turut menjeaskan kaau Karo itu berbeda dengan Batak Toba(Tapanuli). hehehe..😀 Perlahan tapi pasti.
    Mejuah-juah.

  3. Bukan hanya itu. Masih di stasiun yang sama(NET TV), dalam acara NightShow, Atiqa Hasiholan yang memerankan sosok ‘Likas Beru Tarigan’ dalam film ‘Tiga Nafas Likas’ juga turut menjeaskan kalau Karo itu berbeda dengan Batak Toba(Tapanuli) yang selama ini dikenal di Medan. hehehe..😀 Perlahan tapi pasti.
    Mejuah-juah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s